Cara Buat Aplikasi Koperasi Bahasa Java Menggunakan Netbeans Langsung dengan Basis Data

Cara Buat Aplikasi Koperasi Bahasa Java Menggunakan Netbeans Langsung dengan Basis Data

logo netbeans
logo netbeans

Bahasa Java merupakan merupakan bahasa pemrograman yang saat ini populer digunakan. Bahasa Java juga biasa digunakan untuk membuat program berbasis dekstop maupun mobile. Hal ini disebabkan bahasa Java merupakan bahasa pemrograman berbasis OOP atau Pemrograman Berbasis Objek.

Di artikel saya kali ini, saya akan memberikan kamu bagaimana cara membuat aplikasi Koperasi Simpan Pinjam sederhana langsung bersama basis datanya. Namun perlu diperhatikan, basis data yang saya gunakan di sini merupakan bekas dari tugas akhir saya pada saat SMK dan mungkin nama-nama tersebut bisa diatur dan diedit sesuai dengan keinginanmu.

Baik sebelum itu, silakan download dulu file coding, beserta basis datanya di tombol atau button yang sudah saya sediakan di bawah ini!

Nah, selain itu kamu juga harus mendownload dan menginstall XAMPP untuk mengakses PhpMyAdmin dan membuat basis datanya. Saya sarankan untuk tetap menggunakan basis data saya apabila kamu belum mahir dalam pembuatan basis data.

Apabila sudah bisa "membuat" basis data dan paham mengkoneksikannya ke program yang saya buat, silakan buat basis datanya sendiri dan koneksikan ke masing-masing program yang memerlukan basis data di atas.

Cara lengkap untuk memasukkan program di atas serta cara mengekspor basis datanya tidak akan saya bahas pada artikel ini, mungkin pada artikel kedepannya apabila salah satu dari pembaca artikel ini ada yang memintanya melalui kolom komentar.

Jika kamu sudah berhasil membuatnya, selamat ya! Jangan lupa dibagikan atau dishare ke teman-teman kamu yang juga ingin membuatnya ya! Terima kasih sudah membaca!